Sofware Pemodelan 3D Terbaik (Gratis & Berbayar)

Sofware Pemodelan 3D Terbaik (Gratis & Berbayar) – Pengembang terus bekerja untuk mengoptimalkan perangkat lunak pemodelan 3D mereka ke lanskap 3D yang selalu berubah.

Sofware Pemodelan 3D Terbaik (Gratis & Berbayar)

reader2 – Namun perlu diingat bahwa perangkat lunak 3D yang berfokus pada penyediaan alat hebat untuk animasi atau simulasi akan memiliki alat minimal untuk pemodel jika ada sama sekali.

Baca juga : 5 Software Podcast Video Terbaik

Melansir cgdirector, Pengembang memenuhi ceruk pasar mereka sehingga mereka dapat menciptakan produk terbaik daripada menyebarkan diri mereka terlalu tipis.

Pada akhirnya, meninggalkan kami seniman dengan alat yang lebih baik untuk menciptakan seni yang luar biasa.

Dari segelintir perangkat lunak 3D yang mencoba menggeneralisasi, jumlah yang lebih kecil berhasil.

Jadi, ketika Anda meminta Profesional 3D untuk Perangkat Lunak Pemodelan 3D , dia biasanya akan menganggap Anda hanya ingin memodelkan , khususnya.

Karena ini adalah Panduan untuk pemula , kami akan memberi Anda Perangkat Lunak 3D umum (yang juga dapat melakukan Pemodelan 3D) dan menindaklanjuti dengan Perangkat Lunak 3D khusus disiplin di akhir artikel.

Cinema 4D

Cinema 4D adalah aplikasi perangkat lunak grafis 3D yang mirip dengan Maya Autodesk dan 3DS MAX.

Ini populer di kalangan seniman digital dan memiliki beragam kegunaan mulai dari pengembangan game hingga efek khusus film, dan terutama grafik gerak.

Film seperti Inception, The Girl with the Dragon Tattoo, Avengers: Endgame, dan banyak lagi dibuat dengan bantuan Cinema 4D.

Cinema 4D dapat digunakan untuk berbagai hal, termasuk pemodelan, tekstur, pencahayaan, animasi, rendering, dan efek khusus.

Dibuat oleh saudara Christian dan Philip Losch, Cinema 4D awalnya dikembangkan sebagai pelacak sinar yang disebut FastRay untuk Amiga.

Kemudian Maxon, sebuah perusahaan Jerman, membelinya. Maxon mengembangkan Cinema 4D saat ini yang kita kenal sekarang.

Kekuatan terbesar Cinema 4D terletak pada aksesibilitasnya. Meskipun mampu membuat model dan animasi tingkat lanjut, ini juga mudah dipahami.

Ada banyak tutorial yang akan membantu Anda belajar, dan ini adalah program yang cukup intuitif, jadi tidak perlu waktu lama bagi siapa pun untuk mempelajari seluk beluknya.

Meskipun tidak terlalu mahal— *batuk*Maya*batuk* —tentu saja tidak gratis sekitar $800 hingga $900 setahun atau hingga $100 setiap bulan.

Jika Anda membuat pekerjaan untuk klien atau ingin membangun portofolio Anda melalui fondasi yang mapan dari Cinema 4D, ini mungkin bernilai investasi.

Namun, jika Anda hanya ingin mencoba-coba, mungkin ada baiknya melihat opsi (gratis) lain di luar sana terlebih dahulu.

Konon, Cinema 4D yang dipasangkan dengan mata artistik Anda dapat menciptakan seni yang luar biasa.

Maya

Maya adalah salah satu paket 3D paling produktif yang tersedia.

Ini telah digunakan dalam segala hal mulai dari film laris Hollywood hingga video game triple-A, dan segala sesuatu di antaranya.

Maya membantu menciptakan karya klasik seperti The Lord of the Rings: The Two Towers, Spider-Man (2002), Star Wars: Episode II – Attack of the Clones, dan banyak lagi.

Ini adalah alat yang telah teruji dalam pertempuran yang telah digunakan untuk proyek yang tak terhitung banyaknya selama lebih dari 20 tahun.

Dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Kanada, sistem Alias, Maya dirilis pada awal 90-an dengan nama “Alias/Wavefront Maya”—cukup menggugah selera.

Kemudian Autodesk membeli Maya pada tahun 2005 dan menamainya Autodesk Maya.

Maya memiliki banyak alat dan fitur, termasuk animasi, pemodelan, pencahayaan, rendering, efek khusus, simulasi, dan banyak lagi.

Dan karena sejarahnya yang panjang dan kekayaan fiturnya, Maya memiliki komunitas yang sangat besar, yang sangat bagus untuk mendapatkan saran.

Tapi semua itu membutuhkan biaya yang cukup besar, dan sekitar $ 1700 setiap tahun atau $ 215 setiap bulan, itu di atas apa yang kebanyakan penghobi mampu, sayangnya.

Kekuatan terbesar Maya adalah kumpulan fiturnya yang sangat besar. Penyesuaian Maya (disediakan oleh bahasa skrip MEL) dan alat yang memberdayakan animator membuatnya sangat menarik untuk film.

Namun, kekuatannya bisa menjadi pedang bermata dua. Maya memiliki antarmuka pengguna yang menakutkan, yang mungkin sulit dipahami oleh pemula.

Dan UI bisa sangat tidak intuitif dan sulit untuk beradaptasi. Tapi begitu Anda terbiasa, Maya tidak diragukan lagi salah satu solusi 3D terbaik di pasar.

3DS MAX

Autodesk 3DS MAX adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang kuat, sebanding dengan Maya Autodesk.

Ini terkenal karena alur kerja pemodelannya yang cepat dan intuitif, dengan perangkat yang mirip dengan Maya.

3DS MAX memungkinkan Anda membuat banyak adegan 3D yang kompleks. Ini digunakan untuk efek visual, arsitektur, dan terutama pengembangan game.

Ini membantu dalam produksi game triple-A yang tak terhitung jumlahnya seperti Uncharted 4: A Thief’s End, For Honor, Dead by Daylight, dan banyak lagi!

Ini juga telah digunakan untuk efek visual dalam film seperti The Avengers, Avatar, dan lainnya.

Seperti Maya, 3DS MAX adalah program 3D yang mengesankan, tetapi dianggap lebih mudah ditangani oleh pendatang baru karena UI-nya yang lebih halus.

Namun, ini hanya tersedia di Windows dan tidak memiliki versi yang tersedia untuk Mac atau PC Linux.

Karena kesamaannya, Anda mungkin menemukan Autodesk Maya sebagai alternatif yang lebih baik jika Anda memiliki sistem Mac atau Linux.

Ini semahal Maya sekitar $1700 setiap tahun atau $215 setiap bulan. Tetapi Anda selalu dapat menguji 3DS MAX menggunakan uji coba 30 hari Autodesk.

Singkatnya, Autodesk 3DS MAX adalah program tangguh yang bagus untuk pengembangan dan pemodelan game.

Ini agak mahal dan hanya untuk Windows, tetapi jika Anda memiliki uang dan mesin untuk menjalankannya, 3DS MAX layak untuk dicoba.

blender

Oh Blender , perangkat lunak 3D tersayang dari banyak penghobi seniman 3D yang telah memukau komunitas.

Belum lagi semakin banyak profesional industri dan studio skala besar yang juga mengadopsinya ke dalam alur kerja mereka.

Blender sedikit berbeda dalam daftar ini karena ini adalah satu-satunya perangkat lunak generalis dalam daftar ini—di seluruh artikel ini—yang sepenuhnya gratis.

Perangkat lunak ini mendapatkan banyak perhatian dengan dirilisnya Blender 2.80, yang memperkenalkan beberapa fitur baru dan peningkatan pada perangkat lunak bersama dengan perombakan UI yang lengkap.

Ada juga Blender versi 3.0 mendatang yang akan membawa peningkatan seperti mesin render Cycles X baru, browser aset, node geometri yang ditingkatkan, dan banyak lagi.

Blender dibuat oleh seorang programmer dan seniman Belanda bernama Ton Roosendaal, dan perusahaannya Neo Geo, pada tahun 1994.

Rasa frustrasi Ton berasal dari sebagian besar perangkat lunak 3D yang mahal dan sulit digunakan, jadi dia membuat Blender, dan pada waktunya, menjadikannya open source dan memberikannya secara gratis . Terima kasih, Ton.

Blender dapat membuat grafik gerak, aset game, animasi, lingkungan prosedural, mengedit video, dan banyak lagi.

Anda bahkan dapat menggunakannya untuk pekerjaan 2D dan 2.5D—melalui Pensil Gemuk—menjadikannya program yang fleksibel untuk digunakan.

Blender memiliki banyak fitur, termasuk alat pemodelan canggih, alat pahat yang dipoles, sistem partikel, sistem fisika, sistem simulasi, sistem pemodelan prosedural, sistem skrip yang mudah digunakan, dan banyak lagi.

Yayasan Blender, yang dibuat oleh Roosendaal pada tahun 2002, menangani pengembangan perangkat lunak, tetapi komunitas di sekitar Blender bertanggung jawab atas banyak hal yang membuat Blender brilian.

Komunitas yang tumbuh di sekitar Blender besar dan ramah, dengan orang-orang dari seluruh dunia berkontribusi pada perangkat lunak dalam berbagai cara.

Ada banyak sekali tutorial, proyek berbasis komunitas, dan situs web yang didedikasikan untuk meningkatkan Blender.

Komunitasnya yang berkembang juga menciptakan add-on untuk area yang menurut mereka kurang dan bahkan menyediakan beberapa di antaranya secara gratis—menggemakan sifat Blender.

Tetapi Blender juga memiliki kritik, dengan beberapa orang mengatakan bahwa itu terlalu membingungkan untuk digunakan dan memiliki terlalu banyak fitur dari terlalu banyak pengembang eksternal yang sering tidak dipelihara dan diperbarui ke standar terbaru atau tidak sepenuhnya terintegrasi ke dalam Perangkat Lunak .